Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, berarti bertransaksi secara Syariah... Hubungi Bank BRI Syariah terdekat......

Senin, 21 Januari 2008

Bank BRI Syariah Luncurkan BritAma Syariah

BERSAMAAN diadakannya Festival Ekonomi Syariah (FES) di JCC, Jakarta, Bank BRI Syariah meluncurkan produk simpanan berkartu dengan nama Tabungan Britama Syariah. Peluncuran dilakukan oleh Direktur Operasional BRI Sarwono Sudarto dan Ramzi A Zuhdi, Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia.
Sebagai bank yang berpengalaman dan termasuk bank yang cukup diperhitungkan dalam industri perbankan, keputusan BRI untuk memasuki bisnis perbankan berdasarkan prinsip syariah dengan membuka Unit Usaha Syariah BRI (selanjutnya disebut BRI Syariah) sejak 7 Desember 2001, merupakan langkah untuk mendapatkan competitive advantages atas produk perbankan Syariah yang berazaskan keadilan dan keterbukaan, sehingga mempunyai tingkat akuntabilitas tinggi.
Keputusan BRI bukan saja untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan nasabahnya yang selalu tumbuh dan berkembang, tetapi juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab BRI memajukan kondisi perekonomian rakyat, kata Sarwono, di Jakarta, akhir pekan lalu.
Ia mejelaskan tanggung jawab untuk memajukan perekonomian rakyat ini sejalan dengan semangat Patih Banyumas, Raden Bei Aria Wirjaatmadja, pada saat mendirikan BRI tahun 1985. Yakni untuk dapat memberikan pinjaman ringan guna menepis jeratan lintah darat, yang diilhami oleh pengalamannya dalam mengelola pinjaman yang bersumber dari kas masjid.
Sampai akhir tahun 2007, BRI Syariah telah memiliki 27 Kantor Cabang BRI Syariah dan 18 Kantor Cabang Pembantu BRI Syariah yang tersebar di seluruh Indonesia.
Fokus dari pengembangan outlet/jaringan kerja BRI Syariah di masa depan dengan cara sinergi jaringan BRI Konvensional melalui pola layanan office channeling di seluruh unit kerja operasional BRI yang potensial untuk dibuka bisnis Syariah.
Pertumbuhan industri perbankan syariah di Indonesia lima tahun terakhir mengalami pertumbuhan rata-rata 59 persen. Pertumbuhan tersebut masih jauh di atas pertumbuhan industri perbankan konvensional yang tidak melebihi angka lima persen per tahun.
Berdasarkan statistik perbankan Syariah posisi bulan November 2007, Perbankan Syariah telah mampu menyalurkan pembiayaan sebesar Rp26,548 triliun.
Dana pihak ketiga yang dihimpun Rp25,658 triliun, sehingga Financing to Deposit Ratio (FDR) mencapai 103,47 persen. Untuk Unit-unit Usaha Syariah, rasio FDR jauh lebih tinggi, yaitu sebesar 126 persen. Hal tersebut menunjukkan Perbankan Syariah telah bekerja keras untuk menggerakkan sektor riil.
Terus dikembangkan
Dalam rangka meningkatkan dana pihak ketiga untuk mendukung penyediaan dana pembiayaan, lanjut Sarwono, Bank BRI melakukan soft launching Tabungan Britama Syariah.
Tabungan Britama Syariah adalah produk tabungan yang dikelola dengan prinsip Wadiah. Tabungan Britama Syariah dilengkapi Kartu ATM, yang dapat dipergunakan di lebih dari 1.000 ATM BRI di seluruh Indonesia.
Tabungan Britama Syariah terus dikembangkan agar memiliki fasilitas setara dengan Tabungan Britama yang telah dimiliki BRI. Namun dikelola dengan prinsip Syariah, dan dapat dilayani di seluruh unit kerja BRI yang berjumlah lebih dari 4.000 kantor.
Perbedaan utama antara Tabungan Britama Syariah dengan Tabungan Britama adalah Tabungan Britama Syariah dikelola berdasar prinsip syariah, sehingga nasabah memiliki banyak pilihan untuk alokasi simpanannya.
Kedepan, dengan rencana spin off Unit Syariah BRI menjadi Bank Umum Syariah, perkembangan BRI Syariah yang pada saat ini menduduki posisi kelima dari sisi Total Asset Perbankan Syariah Nasional, diharapkan akan semakin meningkat. Seperti Bank BRI yang saat ini menduduki posisi ketiga dari sisi total aset perbankan nasional.

Sumber : Harian Umum PELITA

Tidak ada komentar:

Hasil Pencarian

Amazon Cell Phone

Amazon Software

Anda adalah pengunjung ke....

Detik News Update

Okezone News Update

Currency List

Lokasi Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping

IP Address Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping