Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, berarti bertransaksi secara Syariah... Hubungi Bank BRI Syariah terdekat......

Sabtu, 22 Desember 2007

Bank Syariah Terbuka untuk Non-Muslim

Bandung, Kompas - Banyak anggapan bank syariah hanya untuk nasabah Muslim, padahal tidak ada aturan yang melarang nasabah non-Muslim menjadi nasabah bank syariah. Masih kurangnya sosialisasi sistem bagi hasil perbankan syariah kepada nasabah non-Muslim merupakan salah satu penyebabnya.

Menurut Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia Jawa Barat Asep Ghofir Ali, bank syariah terbuka bagi siapa saja, baik nasabah Muslim maupun non-Muslim. Bahkan, produk perbankan syariah yang umumnya menargetkan pasar ritel dan riil dinilai cocok dengan kebutuhan nasabah non-Muslim, yang kebanyakan bergerak di bidang perdagangan dan sektor riil.

Produk pendanaan, seperti tabungan dan deposito, juga menjadi daya tarik nasabah non-Muslim yang tidak selalu mencari selisih bunga. "Sebenarnya perbankan syariah sangat cocok dengan bidang usaha nasabah non-Muslim yang banyak bergerak di sektor riil dan ritel," ujar Asep, Senin (3/12).

Pengawas Bank Eksekutif Senior Bank Indonesia (BI) Bandung Nina K Aziz menegaskan, bank syariah bukan bank yang dimiliki dan diperuntukkan bagi nasabah Muslim. Semua nasabah, tanpa melihat latar belakang agama, berhak menyimpan maupun mengajukan kredit di bank syariah. Bahkan, tidak ada aturan BI yang melarang nasabah non-Muslim masuk di bank syariah.

Ini karena istilah syariah hanya mengacu pada sistem pengelolaan uang yang digunakan pihak bank, bukan hal-hal lain. "Apabila ingin marketable, jangan tonjolkan sisi agamanya, tetapi justru tonjolkan keunggulan produk dan polanya yang lebih menarik dari bank umum. Seperti di Inggris, sistem bank syariah sudah sangat diterima," kata Nina.

Pembiayaan KPR

Sebelumnya Vice President Personal Banking HSBC Amanah Syariah Herwin Bustaman mengakui, pasar perbankan syariah di Inggris sudah sangat pesat. Bentuk produk yang banyak ditawarkan adalah pembiayaan atau kredit pemilikan rumah (KPR). Bahkan di Malaysia, lebih dari 50 persen nasabah perbankan syariah adalah nasabah non-Muslim.

Selain diversifikasi produk dari bank umum yang sudah lama dikenal, tawaran bagi hasil juga menjadi daya tarik para nasabah non-Muslim di luar negeri. Persepsi yang masih banyak beredar di nasabah Indonesia, yakni bank syariah milik nasabah Muslim, adalah salah.

"Pasar syariah untuk nasabah non-Muslim di kota-kota besar sangat besar peluangnya. Ini karena syariah menawarkan diversifikasi produk yang tidak ditawarkan di bank umum," kata Herryanto Pramono, Vice President & Branch Manager HSBC Bandung.

Asep menambahkan bahwa di kota-kota besar, seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya, pemahaman nasabah non-Muslim terhadap bank syariah sudah lebih baik dibandingkan dengan kota-kota kecil, seperti Garut dan Tasikmalaya. (THT)

sumber : www.kompas.co.id

Tidak ada komentar:

Hasil Pencarian

Amazon Cell Phone

Amazon Software

Anda adalah pengunjung ke....

Detik News Update

Okezone News Update

Currency List

Lokasi Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping

IP Address Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping