Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, berarti bertransaksi secara Syariah... Hubungi Bank BRI Syariah terdekat......

Sabtu, 22 Desember 2007

Tantangan dan Kesempatan Perbankan Syariah 2008

Jumat, 14 Desember 2007 12.00 WIB
Oleh: Permata Wulandari

(Vibiznews – Syariah) – Jumlah outlet jasa pada perbankan syariah meningkat lebih dari dua kali dari 419 outlet pada bulan September 2006 menjadi 1053 outlet pada September 2007. Pada periode yang sama, jumlah kantor BUS dan UUS meningkat menjadi 65 kantor. Membutuhkan tambahan sumber daya manusia pada OC outlet dan mengupgrade produk dan jasa syariah agar lebih dikenal.

Strategi pengembangan produk untuk meniru produk yang sama yang ditawarkan oleh perbankan konvensional yang mana diterima oleh pasar. Strategi ini dihasilkan oleh variasi produk yang ditawarkan perbankan syariah yang mirip dengan perbankan konvensional.

Pengembangan pasar bagi segmen korporasi belum optimal. Konsumen korporasi tidak dapat melihat perbedaan antara apa yang ditawarkan oleh perbankan syariah dan bank konvensional sejauh fitur produk yang diyakini. Bank Indonesia mensurvey pada 54 konsumen korporasi yang besar maupun kecil di Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat yang menghasilkan bahwa kurang mengertinya konsumen korporasi mengenai produk perbankan syariah (71%), kurangnya kemampuan promosi oleh perbankan syariah (21%) dan kurangnya pengertian mengenai perbankan syariah secara umum (8%).

Tingkat aset dan pertumbuhan dana pihak ketiga meningkat cukup signifikan dengan rata-rata pertumbuhan 32% dan 41% terhadap tahun 2007. Sebagai perbandingan rata-rata dana pihak ketiga bagi bank konvensional tahun ini hanya mencapai 15%. Pada sisi pinjaman di tahun 207, rata-rata pertumbuhan perbankan syariah 34.4% selama setahun dibandingkan dengan pertumbuhan industri perbankan nasional yang hanya mencapai 22.8%. Lending share perbankan syariah pada industri perbankan mencapai 2.67%. Tingkat lending portfolio perbankan syariah pada industri perbankan didominasi oleh sektor basis perdagangan jasa, trading dan industri pengolahan.

Bank Indonesia melanjutkan untuk meningkatkan budget guna mengedukasi publik, terutama pada tahun 2008 yang dicanangkan sebagai tahun edukasi.

(disarikan dari International Muamalah Summit)

sumber : http://vibiznews.com/1new/articles_financial.php?id=41&page=syariah

Tidak ada komentar:

Hasil Pencarian

Amazon Cell Phone

Amazon Software

Anda adalah pengunjung ke....

Detik News Update

Okezone News Update

Currency List

Lokasi Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping

IP Address Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping