Meneladani Akhlak Rasulullah SAW, berarti bertransaksi secara Syariah... Hubungi Bank BRI Syariah terdekat......

Sabtu, 15 Desember 2007

KENAPA HARUS BANK SYARIAH



”Hai orang-orang yang beriman,
masuklah kamu ke dalam Islam secara total (Kaaffah),
dan jangan mengikuti jejak setan” [Al Baqaroh : 208].


Jumlah Bank Syariah di Indonesia semakin banyak. Ada yang berupa Bank Umum Syariah (BUS) seperti Bank Syariah Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Mandiri (BSM), dan Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI). Dan ada pula yang masih berbentuk Unit Usaha Syariah (UUS) dari suatu bank konvensional, antara lain BRI Syariah, BNI, Syariah, BTN Syariah, Bank DKI Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank Permata Syariah, Bank BII Syariah, Bank Danamon Syariah, Bank IFI Syariah, Bank HSBC Amanah, dan beberapa Bank BPD Syariah. Mereka pun sudah mendirikan beberapa kantor pelayanan seperti Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas, Kantor Layanan Syariah, hampir di seluruh kota di Indonesia.

Masyarakat yang memanfaatkan jasa perbankan syariah juga semakin banyak. Masyarakat sudah semakin familiar dengan layanan perbankan syariah. Iklan dan promosi tentang produk & jasa dari perbankan syariah juga semakin mudah terlihat di media cetak maupun elektronik, terutama mendekati dan selama bulan Ramadhan. Sekilas, nampaknya industri perbankan syariah memang semakin berkembang dan telah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Benarkah demikian ? Apakah motivasi masyarakat kita, yang mayoritas adalah muslim, dalam memilih dan menggunakan jasa perbankan syariah ?

Berdasarkan hasil pengamatan penulis di lapangan selama ini, sebagai praktisi bank syariah, memang semakin banyak masyarakat yang terekspose dan menggunakan jasa bank syariah. Pada awalnya, hal ini dipicu oleh bertambahnya jumlah jaringan perbankan syariah dan gencarnya marketing officer mereka dalam menawarkan produk & jasa perbankan syariah kepada masyarakat. Berbagai event yang dilakukan dalam rangka sosialisasi dan sekaligus promosi perbankan syariah, semakin menambah maraknya gema perbankan syariah. Sebagai contohnya, sudah dua tahun terakhir, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) melakukan Syariah Expo di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Kegiatan sejenis juga dilakukan oleh Pengurus MES Wilayah dan Daerah di seluruh Indonesia.

Namun, fakta di atas tidak menunjukkan bahwa masyarakat telah menerima dengan sepenuh hati kehadiran perbankan syariah. Mungkin saja, sebagian masyarakat yang menggunakan jasa bank syariah memiliki motif untuk coba-coba mumpung lagi promosi, atau mungkin juga ada motif lain. Terdapat berbagai motivasi masyarakat dalam menggunakan jasa bank syariah. Paling tidak ada empat motivasi utama masyarakat dalam memilih bank syariah, yaitu aksesibilitas, kualitas layanan, manfaat finansial, dan pertimbangan agama.

Aksesibilitas. Masyarakat memilih bank yang dekat dengan tempat tinggal atau tempat usaha (kantor). Kalau pun lokasinya relatif jauh, disana ada alat transportasi sehingga mudah untuk mencapainya. Jika terdapat beberapa bank yang memiliki aksesibilitas yang relatif sama, maka mungkin sekali masyarakat akan memilih beberapa bank atau akan menambah kriteria lain sebagai bahan pertimbangan, misalnya kualitas layanannya. Sampai saat ini, keberadaan bank syariah sudah meluas. Sudah ada hampir di berbagai kota propinsi dan kabupaten. Karena keberadaan yang demikian, DSN – MUI sudah menfatwakan bahwa tidak adal agi alasan darurat untuk tetap memilih bank konvensional, karena bank syariah sudah ada di mana-mana. Jadi sepanjang ada bank syariah, sangat dianjurkan agar masyarakat memilih dan menggunakan jasa bank syariah.

Kualitas layanan. Di wilayah perkotaan, masyarakat memiliki akses yang sangat mudah dengan perbankan, karena bank ada dimana-mana, baik bank syariah maupun bank konvensional. Selain kemudahan akses terhadap kantor layanan, perbankan juga telah menyediakan outlet modern berupa ATM dan Butik. Dengan adanya layanan berupa mesin ini, kualitas layanan semakin meningkat, karena masyarakat dapat memanfaatkan layanan hampir setiap saat selama 7 hari setiap minggu dan 24 jam setiap hari. Untuk mendapatkan pangsa pasar yang memadai, seluruh perbankan berlomba-lomba meningkatkan kualitas layanan ini sampai ke desa-desa. Mereka juga melakukan sinergi dengan mendirikan layanan ATMBersama, ATM Link, ATM Prima, dan sebagainya.
Upaya peningkatan kualitas layanan ini tidak hanya dilakukan oleh bank konvensional. Bank Syariah pun secara bertahap melakukan perbaikan-perbaikan, sesuai kemampuan. Sinergi bank syariah dengan bank konvensional, khususnya yang masih berupa UUS adalah dengan mendirikan office chanelling, dimana layanan syariah dapat diakses di kantor-kantor bank konvensional induknya.

Manfaat finansial. Kalau di bank konvensional, penabung atau pemilik deposito memiliki motif untuk mendapatkan keuntungan finansial berupa jasa atau bunga atas dana yang disimpan di bank, maka tidak berbeda dengan shahibul maal di bank syariah. Mereka juga mengharapkan keuntungan berupa bagi hasil terhadap investasi yang ditananmkan dalam bentuk tabungan atau deposito mudharobah di bank syariah. Itulah salah satu functional benefit dari transaksi keuangan di bank. Baik di bank syariah maupun di bank konvensional, masyarakat akan mendapatkan manfaat finansial, sama saja.
Untuk mendapatkan tempat di hati masyarakat, hampir semua bank berupaya melakukan differensiasi terhadap produk & jasa mereka. Adapun tujuannya adalah memberikan tambahan manfaat kepada nasabah, baik manfaat finansial maupun non finansial. Misalnya, beberapa bank melakukan Undian Berhadiah, memberikan kick back atau cash back, memberikan layanan tambahan seperti berbagai jenis membership secara gratis.
Bagaimana dengan bank syariah, apakah bank syariah melakukan differensiasi juga. Pada dasarnya, dalam marketing semua bank menginginkan agar masyarakat dapat mengenali brand mereka dengan baik dan mudah membedakan dari bank pada umumnya. Namun demikian, kemampuan melakukan differensiasi bank syariah dengan memberikan tambahan manfaat finansial, sangat terbatas. Keterbatasan ini berasal dari prinsip-prinsip syariah itu sendiri. Namun demikian, hal itu tidak berarti mengurangi kemampuan bank syariah melakukan differensiasi. Sebenarnya di dalam bank syariah secara alamiah memiliki differensiasi yang alamiah yang dibawa dari prinsip-prinsipnya, yaitu manfaat spiritual. Yang dimaksud adalah dengan melakukan transaksi di bank syariah, masyarakat akan mendapatkan manfaat ketenangan dan ketentraman jiwa, karena dapat melakukan sesuatu sesuai dengan keyakinannya.

Pertimbangan agama. Bank Syariah hadir dengan ciri yang unik, yaitu operasional bank yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah agama Islam. Tetapi ini tidak berarti bahwa bank syariah hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang beragama Islam atau muslim saja. Mengapa demikian ? Karena prinsip-prinsip syariah ini melahirkan nilai-nilai universal yang dapat diterima atau bahkan dijunjung oleh seluruh masyarakat, apapun agama yang dianutnya. Nilai-nilai dimaksud adalah kejujuran, keadilan, transparansi, dan universalitas. Nilai-nilai ini dapat diterima oleh seluruh masyarakat, apapun keyakinan ataupun agamanya. Itulah uniknya bank syariah; berasal dari prinsip syariat Islam tetapi untuk alam semesta. Mungkin perlu diingat bahwa semua agama menyuruh penganut untuk melakukan perbuatan baik. Bagi masyarakat yang sudah menyadari dan ingin mempraktekkan nilai-nilai mulia dalam kehidupan ekonominya, maka menjadi nasabah bank syariah adalah pilihan yang tepat, karena akan mendapatkan manfaat, baik materiil maupun immateriil.

Jadi kenapa harus bank syariah ? Dari uraian di atas jelas sekali bahwa dengan menjadi nasabah bank syariah itu, masyarakat akan mendapatkan semuanya, baik itu aksesibilitas, kualitas layanan, manfaat finansial, maupun pertimbangan agama. Bagi masyarakat Indonesia yang dikenal sangat religius, maka bank tepat adalah bank syariah.

(Penulis : Wawan Ruswanto, Pemimpin Cabang Bank Syariah BRI Jakarta Kedoya).



Tidak ada komentar:

Hasil Pencarian

Amazon Cell Phone

Amazon Software

Anda adalah pengunjung ke....

Detik News Update

Okezone News Update

Currency List

Lokasi Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping

IP Address Anda

Sign by Dealighted - Coupons & Discount Shopping